3 Jenis Investasi Populer & Menguntungkan di Indonesia, Kamu Pilih yang Mana?

InformaTips - Apakah kamu sudah tidak asing dengan kata investasi? Lalu, apakah kamu sudah mencobanya? Investasi sangat perlu dilakukan jika kamu memang menginginkan financial freedom guna keuangan jangka panjang kamu. 

Semakin dini kamu berinvestasi, maka semakin baik pula hasil yang akan kamu dapatkan dalam jangka panjang, karena hal tersebut dipengaruhi oleh efek compounding. Meskipun begitu, tentunya kamu juga harus bijak dalam memilih investasi apa yang akan kamu jalankan. 

1. Deposito Berjangka
Salah satu jenis investasi populer adalah Deposito Berjangka, yang merupakan deposito bank dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Deposito Berjangka memiliki tanggal jatuh tempo yang pasti dan jelas. 

Jika kamu ingin mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan, maka kamu akan dikenakan biaya penalti. Akan tetapi, jika deposito kamu memang sudah memasuki tanggal jatuh temponya, maka kamu memiliki hak untuk mencairkan dana tanpa adanya denda yang harus dibayarkan. 

Semakin lama ataupun semakin besar uang yang kamu depositokan, maka semakin banyak juga bunga yang akan didapatkan dari hasil deposito. Deposito Berjangka seringkali dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang memiliki risiko rendah dan terbilang cukup aman. 

Di samping itu, untuk melakukan investasi deposito juga terbilang cukup mudah dan tidak rumit, sehingga banyak investor pemula yang memulai investasinya dengan deposito. 

2. Saham
Investasi saham dapat dikatakan sebagai jenis investasi investasi populer. Investasi saham biasanya berupa bentuk kepemilikan sebuah perusahaan. 

Bila kamu memiliki saham di perusahaan, maka kamu berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang didapatkan. Investasi saham cenderung menawarkan hasil yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. 

Akan tetapi, main saham akan bersifat high risk, high return. Investasi jenis ini berisiko tinggi untuk dijalankan, harga saham dapat naik dan turun sangat drastis dalam jangka waktu yang cepat. 

Investasi saham juga dikategorikan dalam dua macam, yaitu saham dividen dan saham pertumbuhan. Saham pertumbuhan adalah saham di perusahaan yang berkembang pesat.

Namun, pertumbuhan saham tidak akan membayarkan penghasilan perusahaan kepada para investor. Perusahaan lebih suka menggunakan pendapatan mereka untuk mengembangkan bisnis, sehingga satu-satunya cara untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan menjual saham kamu. 

Sedangkan, dividen saham justru sebaliknya. Perusahaan akan membayar para pemegang saham dari pendapatan perusahaan. Semakin banyak saham dividen yang Anda miliki, maka semakin besar juga porsi dividen yang akan didapatkan. 

3. Peer-to-Peer Lending
Jenis investasi populer lainnya yaitu peer-to-peer lending. Bentuk investasi dari p2p lending paling menguntungkan, misalnya seperti Amartha, yang merupakan sebuah online platform di mana pinjaman dana dari pendana yang akan diberikan kepada UKM yang menjadi borrower. 

Setiap pendana akan mendapatkan suku bunga efektif yang sangat kompetitif, hampir mencapai 21.32% per tahun. Investasi jenis ini juga memungkinkan investor untuk dapat memilih sendiri, tingkatan risiko yang mampu diterima, mulai dari low risk, medium, hingga high risk. 

Setiap jenis risiko biasanya memiliki bunga kompetitifnya masing-masing. Berbeda dari jenis investasi lainnya, KoinP2P dari Amartha juga memungkinkan kamu untuk dapat mulai mendanai hanya dengan Rp100.000. 

Tentunya investasi jenis ini sangat cocok bagi para investor pemula untuk mulai belajar mengenai dunia investasi. Terlebih lagi, Amartha sudah terjamin keamanannya karena telah terdaftar secara resmi dan tentunya diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, di saat Anda melakukan pendanaan, maka Anda juga secara tidak langsung turut membantu dalam perkembangan dunia UKM dan UMKM di Indonesia. Yuk mulai mendanai!

0 Response to "3 Jenis Investasi Populer & Menguntungkan di Indonesia, Kamu Pilih yang Mana? "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel