5 Jenis Investasi yang Dapat Mendatangkan Keuntungan Besar

InformaTips - Saat ini banyak penyedia platform yang menyediakan informasi tentang cara belajar saham untuk pemula karena banyak sekali orang baru yang terjun di bisnis ini. investasi sangat penting untuk dilakukan sejak dini untuk mempersiapkan kebutuhan yang terencana dan yang tidak terencana di masa depan nanti. 

Dengan melakukan investasi, kamu akan mendapatkan sumber penghasilan tambahan tanpa perlu membuka bisnis sendiri. Secara umum investasi adalah menanamkan sumber daya atau modal yang kita miliki kepada unit usaha yang di jalankan orang lain, dengan harapan bisa mendapatkan timbal balik hasil yang lebih besar di masa yang akan datang. 

Untuk kamu yang sedang bingung investasi seperti apa yang harus di lakukan, simak beberapa referensi di bawah ini. 

1. Saham

Siapa yang tidak kenal dengan jenis investasi yang satu ini. Mungkin dari kalian sudah banyak yang mengetahui atau minimal sering mendengar kata-kata saham. Namun sebenarnya apakah saham itu? Apabila dianalogikan jika Kamu membeli saham suatu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, maka Kamu bisa dikatakan sebagai pemegang saham dari perusahaan tersebut dan memperoleh hak atas dividen sebesar persentase saham yang Kamu tanam di perusahaan tersebut.

Selain hak atas dividen, Kamu juga dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga penjualan saham. Apabila dibandingkan dengan jenis investasi yang lain, investasi saham memiliki persentase keuntungan yang lebih tinggi, akan tetapi bersamaan dengan potensi tersebut saham juga memiliki resiko yang tinggi pula. 

2. Reksa Dana

Kamu dapat menemui definisi dan pengertian dari pada reksa dana di Undang-Undang No. 8/1995 tentang Pasar Modal, yang artinya adalah wadah yang dipergunakan untuk mengumpulkan dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portfolio efek oleh manajer investasi. 

Oleh sebab itu dalam prakteknya nanti kamu sebagai investor hanya perlu menyediakan modal yang kemudian modal yang sudah sediakan akan dikelola oleh manajer investasi untuk diinvestasikan dalam portofolio efek. Portofolio efek disini terdiri atas produk-produk pasar uang, obligasi, dan saham.

3. Deposito Berjangka

Jenis investasi yang satu ini memiliki bunga yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan tabungan biasa, dan memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas. Tanggal jatuh tempo biasanya tiga bulan hingga dua belas bulan, dan apabila kamu mencairkan dana sebelum tanggal jatuh tempo yang ditentukan, kamu akan dikenakan penalti oleh Bank yang bersangkutan. 

Untuk mencari keuntungan di investasi ini adalah dengan menaikkan jumlah tabungan, semakin besar nominal uang yang kamu tabung sebagai deposito, maka semakin besar juga keuntungan yang akan kamu dapatkan. Selain itu jenis investasi ini juga menjadi salah satu investasi yang memiliki risiko rendah dan tergolong aman. 

3 jenis investasi d atas cukup populer terutama di kalangan pendatang baru. Sebagai pemula kamu harus sering-sering riset dan belajar tentang saham dan perusahaan yang akan kamu lakukan investasi. Beberapa perusahaan seperti perusahaan trucking, ekspedisi, kuliner dan lain sebagainya cukup potensial untuk kamu tanam investasi.

1 Response to "5 Jenis Investasi yang Dapat Mendatangkan Keuntungan Besar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel