Apa itu Oli Samping pada Motor 2 Tak?

apa itu oli samping pada motor 2 tak

Oli samping terbaik dari Idemitsu bisa dijadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhan oli samping pada motor kesayangan. Oli samping adalah jenis oli selain oli mesin yang perlu diberikan atau diganti rutin dalam jangka waktu tertentu. Bagi beberapa orang, istilah oli samping mungkin masih terdengar asing. 

Padahal fungsinya sangat penting pada motor, jadi penting untuk mengenalnya lebih dalam. Dan untuk pemilihannya, brand idemitsu merupakan pilihan brand paling aman karena ramah lingkungan, terpercaya, dan bagus untuk mesin motor.

Apa Itu Oli Samping?

Oli samping sekali lagi bagi beberapa orang mungkin belum familiar di telinga, khususnya pemilik motor selain 2 tak. Sebab tidak semua motor masuk kategori motor 2 tak sehingga tidak semua motor memerlukan oli samping. Jadi, pada dasarnya oli samping masuk jenis oli yang dibutuhkan oleh mesin motor.

Oli samping sendiri pada dasarnya disebut dengan istilah oli di dunia otomotif. Tambahan kata “samping” di depan kata oli bersumber dari tempat oli tersebut ditampung. Jadi, pada motor 2 tak terdapat tabung di sisi samping atau sebelah kanan. Tabung ini berfungsi menampung oli yang berperan melumasi piston dan dinding ruang piston.

Posisi tabung di samping body motor kemudian menjadi sebutan untuk oli jenis ini. Istilah oli samping kemudian umum digunakan. Sekaligus menjadi pembeda saat menyebutkan jenis oli, misalnya membedakannya dengan oli mesin agar tidak salah ambil atau salah beli. Jika dilihat di kemasan oli maka jangan heran tidak menemukan istilah oli samping. Melainkan digunakan istilah “2 Stroke Motor Oil”.

Fungsi Oli Samping untuk Motor 2 Tak

Sebagai salah satu jenis oli tentunya wajib diganti secara berkala, selain itu juga memiliki fungsi atau manfaat bagi mesin motor. Secara umum, oli samping punya beberapa fungsi berikut ini:

Menjadi Pelumas Mesin Motor 2 Tak

Oli samping berfungsi untuk melumasi piston dan ruang piston (silinder head). Dimana fungsi ini tidak dapat dilakukan oleh oli mesin biasa. Inilah alasan kenapa motor 2 tak membutuhkan oli mesin sekaligus oli samping.

Mempengaruhi Performa Mesin

Oli samping akan masuk ke dalam silinder head yang kemudian terbakar saat mesin motor dinyalakan. Yakni ketika piston bergesekan dengan permukaan ruang piston tersebut. Ikut terbakarnya oli samping membuat performa motor 2 tak lebih optimal.

Menjaga Performa Silinder Head

Sebagai pelumas bagi piston dan ruang piston maka oli samping berfungsi juga dalam menjaga performa silinder head. Sehingga piston bisa bekerja dan berfungsi dengan baik.

Melindungi Piston dan Ruang Piston

Gesekan antara piston dengan ruang piston membutuhkan oli samping sebagai pelumas. Sehingga meminimalkan keduanya aus akibat gesekan yang berlangsung terus-menerus.

Sebagai Pengharum

Mesin motor 2 tak diketahui menghasilkan asap knalpot yang pekat, maka pada oli samping ditambahkan bahan khusus. Dimana bahan khusus ini bisa berfungsi sebagai “pengharum” asap knalpot sehingga tidak terlalu bau dan jumlahnya terkontrol.

Fungsi penting yang dimiliki oli samping membuat oli jenis ini wajib digunakan dan diganti secara berkala. Sehingga menjaga performa mesin dan melindungi komponen di dalamnya agar tidak mudah aus.

0 Response to "Apa itu Oli Samping pada Motor 2 Tak?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel