4 Penyebab Gangguan Bipolar yang Perlu Diwaspadai

Gangguan bipolar atau mania depresif berdasarkan situs Blackdoginstitute, situs Mayoclinic, dan situs Halodoc adalah gangguan mental yang membuat seseorang mengalami perubahan suasana hati yang drastis, fluktuasi energi, kendala konsentrasi, dan perbedaan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dari sebelumnya.

Untuk menerapi kondisi ini, penderita butuh produk asuransi yang dapat menanggung biaya konsultasinya ke psikiater juga produk perlindungan dengan asuransi ekonomis yang bisa melindunginya dari berbagai risiko di kemudian hari. Lantas, apa saja penyebab gangguan bipolar ini?

Berikut adalah jawabannya: 

1. Faktor Genetik

Menurut para ahli, hampir 80% penyebab dari gangguan ini diturunkan oleh orang tua. Jika salah satu orang tua Anda menderita bipolar, ada kemungkinan bahwa salah satu dari anak mereka akan mewarisi gangguan mental tersebut. Bahkan, risiko keturunan genetik ini akan menjadi lebih besar hingga 40% jika kedua orang tua menderita bipolar. 

2. Faktor Lingkungan

Bipolar sangat berkaitan erat dengan tekanan hidup yang berat. Jadi, Anda perlu fokus mengatur pola work life balance supaya kesehatan mental selalu terjaga. Meskipun begitu, belum ada yang bisa menetapkan jika faktor ini benar memicu bipolar secara akurat. 

3. Pengaruh Obat-obatan

Beberapa orang rutin mengonsumsi obat antidepresan untuk mengatasi stres. Namun, obat-obatan ini mampu memengaruhi Anda secara emosional dan memicu gangguan mental bipolar. Jika Anda mengalami gejala-gejala bipolar, Anda harus menghentikan konsumsi obat dan langsung memeriksakan diri ke psikiater. 

4. Trauma

Faktor terakhir yang dapat memicu bipolar adalah pengalaman yang traumatis. Pengalaman ini bisa berbentuk kekerasan seksual, verbal, atau kekerasan fisik apa pun yang berkepanjangan. Penderita kemudian akan menjadi stres berat dan terganggu secara mental. Pada akhirnya, pengalaman-pengalaman traumatis itu dapat memicu banyak kesehatan mental. 

Ingin Melindungi Kesehatan Jiwa Anda?

Itulah dia beberapa penyebab gangguan bipolar yang bisa dialami oleh siapa pun, terlebih di era pergerakan cepat dan sosial media seperti sekarang. Jika Anda memiliki indikasi gangguan ini, segeralah berkunjung ke psikiater atau dokter spesialis kesehatan jiwa.

0 Response to "4 Penyebab Gangguan Bipolar yang Perlu Diwaspadai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel