Memaknai dan Mengamalkan Asmaul Husna Al Mutaalii

memaknai dan mengamalkan Asmaul Husna Al Mutaalii

Asmaul Husna terdiri dari 99 nama, salah satunya adalah Al Mutaalii yang ada di dalam Alquran. Adapun Asmaul Husna satu ini memiliki arti bahwa Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Tinggi. Al Mutaalii disebutkan memiliki makna Yang Maha Tinggi, Tertinggi dan Dia yang sifat-Nya tidak sama dengan makhluk yang diciptakan.

Makna Asmaul Husna Al Mutaalii

Dalam bahasa Arab klasik akar kata dari Al Mutaalii adalah a-l-w yang memiliki cukup banyak arti. Diantaranya adalah menjadi tinggi, tinggi untuk ditinggikan, berada di atas, melampaui untuk menyelesaikan, melampaui untuk mengatasi, melampaui untuk mendahului, mempromosikan, naik ke atas, naik ke atas melampaui, berada di puncak untuk naik dan terkemuka.

Untuk arti lebih sederhana bahwa Al Mutaalii adalah Tuhan Yang Maha Tinggi dan ditinggikan atas semua ciptaan. Jadi kesimpulannya adalah Allah SWT adalah Tuhan yang melampaui imajinasi, pemikiran dan juga pandangan manusia yang terlalu sempit untuk memahami kebesaran Allah.

Karena kembali lagi, bahwa Allah Yang Maha Tinggi dan yang hanya mampu menundukkan alam semesta. Manusia yang memiliki harta banyak sekalipun, kendaraan mewah, perhiasan dan hal-hal fana tidak ada artinya di mata Allah.

Dalil Asmaul Husna Al Mutaalii Dalam Alquran

Al Mutaalii memiliki sejumlah dalil yang termuat dalam Alquran.

  • Surah Ar Ra'd Ayat 9
  • Surah Ad Dukhan Ayat 19
  • Surah An-Nahl Ayat 50
  • Surah Al Isra Ayat 43

Mengamalkan dan Meneladani Asmaul Husna Al Mutaali

Sebagai kaum muslimin yang taat wajib mengamalkan dan meneladani Asmaul Husna satu ini di kehidupan sehari-hari. Tentu saja Anda bisa melakukannya dengan banyak cara untuk menanamkan keyakinan bahwa Allah Maha Tinggi.

Caranya adalah dengan mengakui adanya hal-hal gaib dan kejadian yang belum sepenuhnya bisa diterima oleh akal dan nalar manusia. Serta percaya bahwa makhluk-makhluk yang super kecil seperti virus belum bisa dikendalikan manusia menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengakui kekuasaan Allah Yang Maha Tinggi.

Cara meneladani Al Mutaali juga bisa dengan menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya sebagai pegangan hidup. Dalam meneladani Asmaul Husna ini Anda tidak boleh memandang diri paling utama. Karena Anda adalah manusia ciptaan Allah yang dalam tata pergaulan baik keluarga maupun masyarakat dan organisasi hanyalah manusia lemah yang punya banyak kekurangan.

Mengamalkan Al Mutaalii juga bisa dengan tidak menahankan orang lain selain Allah dan mengerti bahwa posisi manusia dalam makhluk yang tidak sempurna.

Menghapal dan memahami arti 99 Asmaul Husna tentu saja tidak susah bagi setiap umat muslim. Untuk Anda yang ingin mengetahui Asmaul Husna secara lengkap dengan artinya bisa juga kunjungi Surau.co.

0 Response to "Memaknai dan Mengamalkan Asmaul Husna Al Mutaalii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel