Mengulas Berbagai Penyebab Cegukan pada Bayi

Cegukan bisa terjadi kapan saja pada si Kecil dan hal ini menjadi kebiasaan yang umum pada bayi. Namun, jika cegukan berlangsung terus-menerus, Bunda harus waspada dan segera mencari cara mengatasi cegukan pada bayi.

Ketika bayi tidak berhenti cegukan, maka bayi akan kesulitan untuk meminum susu sehingga asupannya tidak tercukupi. Lalu, apa sebenarnya yang bisa menyebabkan bayi cegukan? Berikut ini pembahasannya untuk Bunda.

Terlalu Banyak Makan (Overfeeding)

Penyebab yang pertama adalah overfeeding. Terlalu banyak memberikan asupan makan atau ASI bisa mendorong perut melebar. Ketika perut melebar, akan ada banyak udara yang masuk sehingga lambung mengalami distensi.

Inilah yang mendorong diagfragma sehingga timbul kontraksi dan cegukan terjadi. Oleh karena itu, apabila si Kecil sudah tidak mau mengonsumsi makanan atau meminum ASI, maka jangan memaksa, ya Bunda.

Refluks Gastroesofagus

Refluks gastroesofagus (RGE) adalah kejadian fisiologis pada setiap bayi maupun anak. Kejadian ini sebenarnya umum terjadi pada bayi yang baru saja lahir. Namun, bayi kurang dari 3 bulan akan cukup sering mengalaminya.

RGE bisa terjadi karena katup antara lambung dengan esofagus bayi belum bekerja secara sempurna. Makanya, makanan bisa naik kembali sehingga memicu cegukan.

Reaksi Alergi


Alergi terhadap bahan makanan tertentu, seperti protein dalam susu formula atau ASI bisa menyebabkan radang esofagus. Hal ini disebut dengan istilah eosinophilic esophagitis atau saluran nafas mengalami iritasi karena alergi. Salah satu reaksi terhadap keadaan tersebut, perut akan melebar sehingga mendorong cegukan terjadi.

Ketika bayi mengalami cegukan, bayi akan bergerak secara spontan dan terus-menerus sehingga kulit bayi menjadi lebih mudah bergesekan dengan popok dan menimbulkan ruam atau kemerahan.

Supaya hal tersebut tidak terjadi, lebih baik Bunda memakaikan popok yang berbahan lembut dan pastinya aman untuk kulit sensitif bayi. Solusi terbaik yang bisa Bunda pertimbangkan adalah popok Merries yang selalu terasa nyaman ketika bayi cegukan maupun beraktivitas seperti biasa.

Merries Premium Pants merupakan produk popok dari Merries yang berbentuk celana dengan karet di pinggang yang lembut dan fleksibel. Bagian karet ini bisa renggang sampai 2,5 kali sehingga bayi tetap merasa nyaman ketika cegukan.

Mau tahu informasi selengkapnya tentang cara mengatasi cegukan pada bayi? Silahkan kunjungi merries.co.id. Semoga membantu.

1 Response to "Mengulas Berbagai Penyebab Cegukan pada Bayi"

  1. Artikel berwawasan luas ini membahas tantangan umum yang dihadapi orang tua terkait pola tidur bayi. Laporan ini menawarkan solusi praktis sambil menekankan pentingnya mengatasi potensi penyebab mendasar. Saran penggunaan popok bayi Merries menunjukkan pendekatan bijaksana untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas tidur bayi.
    Untuk tips kecantikan lainnya Anda juga dapat mengunjungi: www.raenabeauty.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel