5 Cara Menyimpan Wortel Terbaik Supaya Tidak Cepat Busuk

InformaTips - Wortel adalah salah satu jenis sayur yang sering diolah menjadi berbagai jenis masakan. Sayuran ini dipercaya mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi. Tak heran wortel sering dikonsumsi untuk mencegah berbagai penyakit, terutama untuk menjaga kesehatan mata. 

Wortel mempunyai tekstur yang renyah dan rasa yang agak manis. Sayuran ini sebetulnya cukup awet saat disimpan, namun jika tidak benar saat menyimpannya wortel juga bisa menjadi cepat busuk. Yuk, cari tahu ini 5 cara menyimpan wortel terbaik supaya tidak cepat busuk. 

Ini cara menyimpan wortel terbaik supaya tidak cepat busuk 

1. Simpan dalam keadaan segar, tahan sekitar 10 hari

Cara pertama untuk menyimpan wortel yaitu simpan dalam keadaan segar setelah dibersihkan. Langkah pertama, potong bagian daun yang berada di bagian atas worter sesegera mungkin setelah kamu membeli wortel. Kamu tidak perlu mencuci wortel saat akan disimpan. Pasalnya, wortel yang lembap cenderung lebih mudah busuk. 

Setelah dibersihkan, simpan wortel yang masih segar di tempat yang kering dan gelap. Jauhkan juga wortel dari apel, pir, kentang atau buah-buahan dan sayuran lain yang menghasilkan gas etilena karena akan menyebabkan wortel menjadi terasa pahit dan mudah busuk. Cara menyimpan wortel ini dapat membuat wortel tahan sekitar 10 hari. 

2. Masukkan ke dalam kulkas agar wortel lebih tahan lama

Langkah lain yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan wortel adalah dengan menaruhnya di dalam kulkas. Wortel segar yang disimpan di kulkas cenderung bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan wortel yang tidak disimpan di dalam kulkas. Wortel yang disimpan di dalam kulkas bisa tahan paling tidak dua sampai tiga bulan jika disimpan dengan tepat. 

Untuk menyimpan wortel di dalam kulkas pun tidak sembarangan. Pertama, potong bagian daun hijau yang ada di atas wortel. Kemudian, jemur wortel hingga kulitnya kering. Supaya lebih tahan lama pastikan wortel dalam keadaan kering dan tidak lembap saat disimpan di dalam kulkas. 

Setelah itu, lapisi bagian bawah kulkas dengan kertas yang agak tebal. Cara ini berguna untuk menyerap kelembapan sehingga wortel tetap kering. Lalu taruh wortel di atasnya. Pastikan keadaan wortel kering saat disimpan agar lebih segar dan tidak mudah busuk. 

3. Dinginkan di dalam air untuk menjaga wortel tetap segar

Selain cara di atas tadi, ada cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan wortel di dalam kulkas, yaitu dengan merendam wortel di dalam air. Pertama, masukkan wortel ke dalam mangkuk besar, lalu isi mangkuk dengan air bersih. Sisakan jarak sekitar 1 cm antara wortel dan tepian mangkuk. Setelah itu tutup mangkuk dan masukkan ke dalam kulkas. 

Ganti air sehari sekali, dengan begitu wortel akan tetap renyah paling tidak hingga satu minggu ke depan. Cara ini tidak direkomendasikan jika kamu ingin menyimpan wortel dalam waktu lama, karena wortel bisa menjadi berlendir, berbau tidak sedap, dan kehilangan rasanya. 

4. Masak dulu di dalam microwave sebelum disimpan

Cara menyimpan wortel lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan memasaknya terlebih dahulu dengan microwave. Pertama, bersihkan wortel dari bagian daun hijau diatasnya. Setelah itu taruh wortel di wadah yang tahan panas. Kemudian rebus air hingga mendidih. Setelah air mendidih, segera tuangkan ke atas wortel hingga semua bagian wortel terendam. 

Lalu, buang air tersebut hingga wortel agak lembap dan tersisa sedikit air di bagian bawah wortel. Setelah itu, masukkan wortel ke dalam microwave dan panaskan selama kurang lebih 8 menit. Simpan wortel yang telah dipanaskan di dalam kulkas dalam keadaan tertutup agar lebih tahan lama. 

5. Bekukan wortel supaya tidak cepat busuk

Selanjutnya, kamu juga bisa menyimpan wortel dengan cara membekukannya. Cara menyimpan wortel ini cenderung efektif untuk membuat wortel tahan lama. Sebelum memasukkan wortel ke dalam freezer kamu perlu merebusnya terlebih dahulu. 

Pertama potong atau iris wortel menjadi ukuran kecil, lalu rebus dengan air mendidih selama 5 menit. Kemudian, tiriskan segera dan tempatkan di dalam wadah plastik atau zip lock. Sisakan jarak sekitar setengan inci antara wortel ujung wadah. Tutup sesegera mungkin, lalu bekukan. 

Ketahanan wortel berganting pada kondisi freezer dan wadah yang kamu gunakan. Wortel yang disimpan di dalam wadah zip lock biasa dapat bertahan kurang lebih 9 bulan. Sedangkan, wortel yang disimpan di dalam wadah platik yang sudah divakum dapat bertahan hingga sekitar 14 bulan. 

Jadi, cara menyimpan wortel mana yang ingin kamu coba? Untuk mendapatkan wortel dengan kualitas terbaik, selalu pastikan kamu membelinya di TaniHub. Platform e-commerce ini selain menyediakan wortel juga menjual aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak hingga sembako. 

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo - promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai. 

Untuk berbelanja di TaniHub Kamu bisa mengunjungi websitenya yaitu https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore.

0 Response to "5 Cara Menyimpan Wortel Terbaik Supaya Tidak Cepat Busuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel