Persiapan Yang Wajib Dilakukan Sebelum Lapor SPT Tahunan Badan!

lapor spt tahunan

Lapor SPT Tahunan Badan adalah kewajiban bagi Anda yang memiliki bisnis untuk pelaporan sebagai Wajib Pajak. Kini lapor SPT semakin mudah dan bisa dilakukan secara online lewat adanya aplikasi pelaporan pajak online. Bahkan Dirjen Pajak saja sudah mewajibkan anda untuk melaporkan pajak secara online, karena tentu saja pelaporan online ini langsung bisa terintegrasi dengan sistem DJP dan lebih aman. 

Namun ketika anda akan melakukan pelaporan pajak badan online, maka wajib memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Anda memerlukan beberapa persiapan seperti berikut ini. 

1. EFIN Badan 

Untuk lapor SPT Tahunan Badan anda perlu mengetahui bahwa harus memiliki EFIN badan terlebih dahulu. EFIN merupakan Electronic Filing Identification Number yang juga merupakan nomor identifikasi wajib pajak. Adapun nomor ini dikeluarkan oleh DJP saat Anda mendaftar akun DJP online. Dan EFIN juga digunakan untuk mengakses efilling. EFIN adalah syarat utama untuk melakukan lapor pajak badan online. 

Jika Anda belum memiliki EFIN, maka sebaiknya lakukan permohonan pembuatan EFIN ini juga bisa dilakukan secara online. Pertama, Anda tinggal mengunduh formulir permohonan EFIN. Lalu kemudian isi formulir dengan lengkap dan tidak ada yang terlewat sama sekali. 

Selanjutnya anda akan melakukan swafoto untuk daftar EFIN. Dan yang terakhir kirim permohonan EFIN Badan ke email KPP. Anda juga perlu beberapa waktu untuk menunggu proses permohonan EFIN. Langkah terakhir yaitu aktivasi EFIN Badan Online.

2. Formulir SPT Tahun 1771 Dan Lampiran 

Untuk lapor SPT online maka anda juga membutuhkan formulir SPT Tahunan 1771 yang didalamnya anda akan melaporkan penghasilan, biaya dan perhitungan PPH terutang dalam waktu satu tahun pajak. 

Formulir terdiri dari 2 halaman dengan 6 lampiran. Lampiran pertama berisi laporan keuangan komersial dan perhitungan penghasilan neto fiskal. Laporan kedua berisi formulir yang didalamnya memuat informasi perincian harga pokok penjualan, biaya usaha secara komersial hingga biaya diluar usaha. 

Lampiran ketiga berisi formulir pelaporan kredit pajak dalam negeri, sementara laporan ke-4 berisi formulir yang menginformasikan jumlah penghasilan yang dikenakan PPh final, jumlah PPh final yang harus dibayarkan dan jumlah penghasilan bukan objek PPh.

Lampiran kelima berisi daftar pemegang saham dan jumlah dividen yang dibagikan serta susunan pengurus dan komisaris. Sementara untuk lampiran terakhir yaitu lampiran ke-6 berisi laporan daftar penyertaan modal pada perusahaan afiliasi dan daftar hutang dari pemegang saham dan/atau perusahaan afiliasi, serta daftar piutang kepada pemegang saham dan/atau perusahaan afiliasi. 

3. Dokumen Pelengkap 

Persyaratan selanjutnya yang dibutuhkan adalah dokumen pelengkap. Dokumen ini berisi berkas-berkas seperti laporan keuangan, perhitungan peredaran bruto dan pembayaran khusus Wajib Pajak PP 46/2013, laporan Debt To Equity Ratio dan Utang Swasta Luar Negeri. 

Anda juga perlu melampirkan Ikhtisar Dokumen Induk dan Dokumen Lokal, Laporan Penyampaian CBCR Country oleh Country Report. Dafnom Biaya Entertainment dan Dafnom Biaya Promosi yang kewajibannya opsional. 

Kini tentu anda sudah tahu apa saja persiapan yang wajib dilakukan sebelum melakukan Lapor SPT Tahunan Badan. Untuk pelaporan SPT lebih mudah kini bisa anda lakukan lewat aplikasi Klikpajak by Mekari. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini bisa anda buka lewat browser, jadi tidak perlu repot melakukan download aplikasi. 

Saat ini Klikpajak by Mekari sudah memiliki versi terbaru yaitu versi 3.0. Dimana, aplikasi memiliki fitur yang lebih lengkap dan banyak fitur-fitur tambahan yang mempermudah anda dalam pelaporan SPT tahunan.

0 Response to "Persiapan Yang Wajib Dilakukan Sebelum Lapor SPT Tahunan Badan! "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel