Cegah Anak Rewel, Berikut Tips Dampingi Anak Belajar di Rumah

tips dampingi anak belajar di rumah

Apakah buah hati Bunda sering rewel jika belajar di rumah? Beberapa anak memiliki anggapan bahwa rumah adalah tempat istirahat dan bersantai sehingga belajar di rumah tidak lagi menjadi produktif.

Belum lagi, anak tidak jarang masih merasa lelah setelah belajar di sekolah. Oleh sebab itu, rasa malasnya akan semakin meningkat ketika Bunda meminta mereka belajar lagi di rumah. Sebenarnya, ada beberapa tips mendampingi anak belajar di rumah, lho. Yuk, simak sampai akhir!

Tips Mendampingi Anak Belajar

Sediakan Tempat Belajar yang Nyaman

Ketika belajar di rumah, sebisa mungkin Bunda berikan suasana hunian yang nyaman dan aman untuk buah hati belajar. Hal ini menjadi kunci utama terhadap efektif tidaknya proses belajar. Oleh sebab itu, cobalah untuk memastikan keadaan senyaman mungkin untuk si Kecil.

Misalnya, tidak ada suara televisi atau musik yang keras. Kurangi suara percakapan yang lantang sehingga tidak mengganggu anak sedang bersiap belajar.

Sesuaikan Gaya Belajar Anak

Tahukah Bunda jika gaya belajar berpengaruh pada efektifitas belajar si Kecil? Hal ini karena metode belajar yang tepat membuat mereka semakin mudah menerima informasi yang telah disampaikan.

Setiap anak memiliki gaya belajar masing-masing. Oleh sebab itu, sebaiknya Bunda perlu mengenali gaya belajar seperti apa buah hati Bunda.

Apabila gaya belajarnya sudah Bunda kenali, maka orangtua akan lebih mudah dalam mendampingi proses belajar anak. Seringkali, belajar menjadi kurang efektif karena orangtua yang terlalu memaksa cara belajarnya.

Buatkan Jadwal Anak

Proses dan tugas belajar di rumah harus Bunda sesuaikan dengan keadaan anak, orangtua, dan lingkungan rumah. Jangan menentukan target yang terlalu tinggi sehingga anak kesulitan dalam menyelesaikan tugas sekolahnya.

Bunda lebih baik menetapkan target yang harus anak capai untuk setiap harinya. Dengan begitu, anak bisa belajar untuk mengatur irama belajar ketika sedang di rumah. Tentunya, cara ini akan memaksimalkan proses belajar anak.

Maksimalkan Waktu Bersama Anak

Saat mendampingi anak belajar di rumah, Bunda bisa mengajaknya permainan edukatif pada waktu jeda belajar. Bunda bisa memanfaatkan permainan edukatif yang melibatkan gerakan tubuh seperti main puzzle atau lompat tali. Kegiatan ini memberikan hiburan sekaligus menyehatkan bagi si Kecil, lho.

Pendampingan belajar di rumah, perlu orangtua lakukan secara bergantian. Hal ini bertujuan agar anak mendapat suasana belajar yang berbeda dari kedua orangtuanya. Selain itu, cara ini bisa mempererat tali kasih antara anak dan kedua orangtuannya.

Damping Anak Belajar dengan Pijar Belajar

Apa itu Pijar Belajar

Pijar Belajar merupakan layanan OTT edukasi digital miliki PT. Telkom Indonesia yang bertujuan untuk membantu pemerataan pendidikan di tanah air. Oleh karenanya, ada banyak layanan yang bisa pelajar Indonesia akses dengan mudah. Mulai dari pelajar yang berada di kota maupun pelosok daerah.

Keunggulan Pijar Belajar

  • Materi lengkap SD-SMP-SMA

Ada banyak paket yang bisa pelajar pilih sesuai dengan kebutuhan dan jenjang pendidikannya. Ada paket untuk pelajar SD dan SMP dengan ratusan bank soal yang siap melatih kemampuan anak. Tak lupa juga ada paket untuk pelajar SMA IPA maupun IPS.

  • Harga terjangkau banget

Semua layanan yang ada dalam Pijar Belajar memiliki harga yang ramah di kantong, lho. Hal ini bertujuan agar semua lapisan masyarakat bisa merasakan manfaat dari aplikasi belajar yang satu ini.

  • Start 10rb

Hanya dengan sepuluh ribu rupiah saja, pelajar Indonesia bisa mengakses buku sekolah elektronik, soal latihan ujian, dan video pembahasan langsung dari para ahlinya.

  • Bisa diakses laptop dan smartphone

Tenang saja, Pijar Belajar bisa terakses menggunakan laptop maupun smartphone. Jika ingin lebih menikmati konten pembelajaran, pelajar bisa belajar melalui laptop.

Pijar Belajar selalu memberikan kemudahan bagi penggunanya. Salah satunya adalah dengan adanya promo menarik untuk memaksimalkan pembelajaran. Yuk, segera unduh aplikasi Pijar Belajar dan nikmati layanan terbaiknya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "Cegah Anak Rewel, Berikut Tips Dampingi Anak Belajar di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel